Menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP

Menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP

HKBP BALIKPAPAN GELAR DOA SYUKURAN (BONA TAON) DAN TORTOR

 Balikpapan (SIB), Menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP yang jatuh pada 7 Oktober 2011, Gereja HKBP Ressort Kalimantan Timur, Balikpapan menyelenggarakan acara doa syukur awal tahun 2011 (23/1) yang dihadiri seribuan jemaat HKBP Se Balikpapan dan para undangan dari gereja tetangga, Wawali Balikpapan, H.Rizal Effendi,SE, tokoh masyarakat dan Pendeta yang tergabung  dengan PGI. Acara tsb digelar selama dua hari yang dilaksanakan di Gereja HKBP Gunung Malang Jl. Mayjen Sutoyo 63 Balikpapan.

 Perayaan diawali dengan Ibadah Minggu yang dipimpin oleh Pdt Midian KH Sirait, MTh (Pendeta HKBP Resort KalTim), Liturgis dibawakan oleh Pdt J Silaen,STh dan Pdt M Pakpahan,STh, Warta Jemaat St A Silaban, kemudian dilanjutkan dengan penggalangan dana secara adat Batak (tortor bersama) dari marga-marga di Balikpapan dan Jemaat dari Sektor-sektor se Balikpapan, tortor Anak Sekolah Minggu. Dalam ibadah sebagai tanda doa syukur juga dimulainya berdiri Koor Ama Naposo (MANNA) HKBP Balikpapan.

Dalam khotbahnya, menurut Pdt. Midian KH Sirait, MTh, yang pertama HKBP harus menjadi berkat bagi umat, warga masyarakat dan negara, karena tahun yobel adalah tahun sukacita bagi semua orang. HKBP baik umat dan para pelayannya pada tahun ini berkewajiban melakonkan jiwa dan aksi pendamaian karena itulah yang dihendaki oleh Tuhan Allah dalam perayaan tahun Yobel.

Yang kedua, selama kita mencari Yesus di sana ada persembahan, yaitu hati pikiran dan seluruh jiwa raga, sebagaimana diperankan oleh para orang Majus Perjalanan Iman Orang Majus. Mereka gigih mencari Dia (Matius 2:1-12). Seberapa besar kerinduan kita untuk mengenal Dia, mengembangkan hubungan personal dengan Dia, mencari dahulu Kerjaan Allah dan kebenaran-Nya?, tanya Pdt Sirait.

Berkaitan dengan doa syukur, karena “Karena namanya syukuran Bona Taon (awal tahun, Red.), maka panitia mengemas acara hiburan dengan Tortor (tarian suku Batak) yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pelaksanaan pembangunan atau pengembangan Gedung Nommensen dikomplek  Gereja HKBP Gunung Malang, oleh Bapak Wawali Kota Balikpapan” terangnya. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Panitia Pdt. Midian KH. Sirait, MTh yang melayani di HKBP Gunung Malang Balikpapan, didampingi oleh Ketua- ketua bidang T. Pasaribu, E. Siallagan, H. Siburian juga Sekretaris Panitia Drs. Paris Siahaan, E Nababan (Bendahara Panitia).

Selain itu,  “HKBP merasa berkewajiban untuk menciptakan rasa aman agar kerukunan dapat diwujudkan secara nyata. Perayaan Jubileum adalah kesempatan bagi kami dan gereja- gereja lainnya serta masyarakat setempat untuk saling berinteraksi, memperkuat silahturahmi sebagai sesama warga bangsa” tutur Pdt. Midian KH. Sirait, MTh, Minggu (23/1).

Perayaan 150 tahun Jubileum HKBP, lanjut Sirait, bertujuan membangun keimanan umat agar kualitasnya dapat ditingkatkan mampu bersaing secara sehat dan mampu menghargai perbedaan- perbedaan atau kelebihan dari lain tanpa harus mengorbankan orang lain demi tujuan pribadi. Hasil dana pesta syukuran tsb akan mendanai pembangunan Gedung Nommensen. Gedung Nommensen merupakan gedung serbaguna yang dimiliki Gereja HKBP dan kini masih dalam proses pembangunan. Selain itu untuk mendanai kegiatan Jubileum selama tahun 2011.

Turut hadir Wakil Walikota (Incumbent) Balikpapan, H. Rizal Effendi,SE  dan menandatangani prasasti pelaksanaan pembangunan pengembangan gedung Nommensen. Dalam kata sambutannya Rizal mengungkapkan, Balikpapan merupakan satu- satunya kota yang mendapat penghargaan Amal Bakti Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Wawali mengharapkan agar seluruh warga HKBP juga ikut serta menjaga kerukunan di kota Balikpapan.

Menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP

HKBP BALIKPAPAN GELAR DOA SYUKURAN DAN TORTOR

Balikpapan (Horas), Menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP yang jatuh pada 7 Oktober 2011, Gereja HKBP Ressort Kalimantan Timur, Balikpapan menyelenggarakan acara doa syukur awal tahun 2011 (23/1) yang dihadiri seribuan jemaat HKBP dan para undangan dari gereja tetangga, Wawali Balikpapan, H.Rizal Effendi,SE, tokoh masyarakat dan Pendeta yang tergabung  dengan PGI. Acara tsb digelar selama dua hari yang dilaksanakan di Gereja HKBP Gunung Malang Jl. Mayjen Sutoyo 63 Balikpapan.

Perayaan diawali dengan Ibadah Minggu yang dipimpin oleh Pdt Midian KH Sirait, MTh (Pendeta HKBP Resort KalTim), Liturgis dibawakan oleh Pdt J Silaen,STh dan Pdt M Pakpapah,STh, kemudian dilanjutkan dengan penggalangan dana secara adat Batak (tortor bersama) dari marga-marga di Balikpapan dan Jemaat dari Sektor-sektor se Balikpapan.

Dalam khotbahnya, menurut Pendeta HKBP Resort Kalimantan Timur, Pdt. Midian KH Sirait, MTh, yang pertama HKBP harus menjadi berkat bagi umat, warga masyarakat dan negara, karena tahun yobel adalah tahun sukacita bagi semua orang. HKBP baik umat dan para pelayannya pada tahun ini berkewajiban melakonkan jiwa dan aksi pendamaian karena itulah yang dihendaki oleh Tuhan Allah dalam perayaan tahun Yobel.

Yang kedua, selama kita mencari Yesus di sana ada persembahan, yaitu hati pikiran dan seluruh jiwa raga, sebagaimana diperankan oleh para orang Majus Perjalanan Iman Orang Majus. Mereka gigih mencari Dia (Matius 2:1-12). Seberapa besar kerinduan kita untuk mengenal Dia, mengembangkan hubungan personal dengan Dia, mencari dahulu Kerjaan Allah dan kebenaran-Nya?, tanya Pdt Sirait.

Berkaitan dengan doa syukur, karena “Karena namanya syukuran Bona Taon (awal tahun, Red.), maka panitia mengemas acara hiburan dengan Tortor (tarian suku Batak) yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pelaksanaan pembangunan atau pengembangan Gedung Nommensen dikomplek  Gereja HKBP Gunung Malang.” terangnya. Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pdt. Midian KH. Sirait, MTh yang melayani di HKBP Gunung Malang Balikpapan, didampingi oleh ketua- ketua bidang T. Pasaribu, E. Siallagan, H. Siburian juga Sekretaris Panitia Drs. Paris Siahaan, E Nababan (Bendahara Panitia).

Selain itu,  “HKBP merasa berkewajiban untuk menciptakan rasa aman agar kerukunan dapat diwujudkan secara nyata. Perayaan Jubileum adalah kesempatan bagi kami dan gereja- gereja lainnya serta masyarakat setempat untuk saling berinteraksi, memperkuat silahturahmi sebagai sesama warga bangsa” tutur Pdt. Midian KH. Sirait, MTh, Minggu (23/1).

Perayaan 150 tahun Jubileum HKBP, lanjut Sirait, bertujuan membangun keimanan umat agar kualitasnya dapat ditingkatkan mampu bersaing secara sehat dan mampu menghargai perbedaan- perbedaan atau kelebihan dari lain tanpa harus mengorbankan orang lain demi tujuan pribadi.

Hasil dana pesta syukuran tsb akan mendanai pembangunan Gedung Nommensen. Gedung Nommensen merupakan gedung serbaguna yang dimiliki Gereja HKBP dan kini masih dalam proses pembangunan. Selain itu untuk mendanai kegiatan Jubileum selama tahun 2011.

Turut hadir Wakil Walikota (Incumbent) Balikpapan, H. Rizal Effendi,SE  dan menandatangani prasasti pelaksanaan pembangunan pengembangan gedung Nommensen. Dalam kata sambutannya Rizal mengungkapkan, Balikpapan merupakan satu- satunya kota yang mendapat penghargaan Amal Bakti Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Wawali mengharapkan agar seluruh warga HKBP juga ikut serta menjaga kerukunan di kota Balikpapan.

GEDUNG NOMMENSEN MULAI DIBANGUN

HKBP Balikpapan Doa Syukur Jubileum 150 Tahun

BALIKPAPAN, TRIBUN – Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menyelenggarakan doa syukur awal tahun 2011. Ini berkaitan dengan Jubileum 150 Tahun HKBP. Jubileum 150 Tahun HKBP jatuh pada 27 Oktober 2011, dan ini merupakan perayaan yang diawali doa syukur yang dilaksanakan di Gereja HKBP Gunung Malang Jl. Mayjen Sutoyo 63 Balikpapan. Perayaan diawali dengan Ibadah Minggu dilanjutkan dengan penggalangan dana secara adat Batak untuk pembangunan Gedung Nommensen. Gedung Nommensen merupakan gedung serbaguna yang dimiliki Gereja HKBP dan kini masih dalam proses pembangunan. “HKBP merasa berkewajiban untuk menciptakan rasa aman agar kerukunan dapat diwujudkan secara nyata. Perayaan Jubileum adalah kesempatan bagi kami dan gereja- gereja lainnya serta masyarakat setempat untuk saling berinteraksi, memperkuat silahturahmi sebagai sesama warga bangsa” tutur Pdt. Midian KH. Sirait, MTh, Minggu (23/1).

Perayaan 150 tahun Jubileum HKBP, lanjut Sirait, bertujuan membangun keimanan umat agar kualitasnya dapat ditingkatkan mampu bersaing secara sehat dan mampu menhargai perbedaan- perbedaan atau kelebihan dari lain tanpa harus mengorbankan orang lain demi tujuan pribadi. Turut hadir Wakil Walikota ( Incumbent ) Balikpapan, Rizal Effendi, dan menandatangani prasasti pelaksanaan pembangunan pengembangan gedung Nommensen. Dalam kata sambutannya Rizal mengungkapkan, Balikpapan merupakan satu- satunya kota yang mendapat penghargaan Amal Bakti Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.(m33)

HKBP Balikpapan  Resort KalTim Gelar Doa Syukur dan Tortor

Balikpapan, Untuk mengucapkan syukur atas anugerah Tuhan kepada seluruh jemaat HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) tahun 2011, Gereja HKBP Ressort KalTim Balikpapan akan menggelar acara selama dua hari, dalam bentuk doa syukur dan ibadah bersama yang dirangkaikan dengan perayaan Jubeleum 150 tahun HKBP (1861-2011). Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Pdt. Midian KH. Sirait, MTh yang melayani di HKBP Gunung Malang Balikpapan, didampingi oleh ketua- ketua bidang T. Pasaribu, E. Siallagan, H. Siburian juga Sekretaris Panitia Drs. Paris Siahaan di tengah persiapan pelaksanaan acara nanti.

Menurut Pdt. Sirait, acara ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu 22 – 23 Januari 2011. “ Karena namanya syukuran Bona Taon (awal tahun, Red.), maka panitia mengemas acara hiburan dengan Tortor (tarian suku Batak) yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti pelaksanaan pembangunan atau pengembangan Gedung Nommensen dikomplek Gereja HKBP Gunung Malang.” terangnya. Dijelaskan lebih lanjut, bentuk acara pada hari pertama adalah pembukaan yang dimulai pukul 16.00 Wita, dilanjutkan dengan tortor marga- marga Batak yang ada di kota Balikpapan, makan bersama, kemudian dilanjutkan dari tortor paduan suara HKBP.

Sedangkan di hari kedua. Minggu (23/1), acara akan dimulai sejak pukul 08.30 – 11.00 Wita, dengan acara Ibadah Minggu, dilanjutkan dengan pesta Tortor dari Parhalado. Acara ini dihadiri dari undangan pemerintah dan gereja tetangga. “Untuk acara penandatanganan prasasti pembangunan gedung Nommensen diagendakan pukul 12.00 Wita, dilanjutkan makan bersama dan diakhiri dengan tortor dari sektor juga sekolah minggu.” Ungkap Pdt. Sirait.

Untuk itu Panitia mengharapkan kehadiran dari para undangan agar dapat meringankan langkah untuk mengikuti acara doa/ ibadah syukur tersebut, sehingga mendapat sukacita dan menjadi berkat bagi semua yang hadir. “Pemberitaan ini merupakan undangan resmi bagi Saudara yang sampai saat ini belum menerima undangan,” tutur Pdt. Midian KH. Sirait, MTh yang pernah bertugas melayani di HKBP Jerman itu.(MKHS)

Pdt Midian KH Sirait, MTh, Pendeta HKBP Resort Kalimantan Timur Serahkan Paket Sembako Natal kepada RT 38 Balikpapan

Balikpapan, Dalam rangka menyambut Hari Natal, HKBP Balikpapan melalui Seksi Sosial gereja  melaksanakan bakti sosial dan menyerahkan memberikan bingkisan sembako kepada RT 38 Balikpapan diserahkan oleh Pimpinan Jemaat HKBP Balikpapan, Pdt Midian KH Sirait, MTh kepada Ketua RT dan Anggota sebanyak 38 KK, Kamis/23/2010. Ketua RT 38 Bapak Sumadi sangat senang dan bangga menerima bantuan yang setiap tahunnya diberikan oleh gereja. Adapun tujuan kegiatan ini, menurut Pdt Midian KH Sirait, MTh adalah sebagai wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan. Kata Pdt Midian dalam penyerahan sembako Natal tsb, paket sembako yang diberikan adalah sebagai  pengikat tali kasih, untuk  itu jangan dilihat dari nilainya namun rasa keikhlasan dalam berbagi sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk keluarga di rumah. Terkait dengan kekeluargaan, kebersama­an dan kepedulian sosial demi terwujudnya kesejah­teraan bagi keluarga RT 38, mengakhiri sambutannya. Hadir pada acara tersebut selain Pdt Midian KH Sirait, MTh selaku Pimpinan Jemaat HKBP Balikpapan, juga hadir Pdt J Silaen, STh, Ketua Dewan Diakonia St O Oppusunggu, Ketua Dewan Koinonia St TH Simangunsong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s