Gereja Harus Pandai Meraih Hati Masyarakat

Pdt Midian KH Sirait,MTh pada Seminar Oikumene  dan Misi Lintas Budaya GBKP Balikpapan:

Balikpapan – Kehadiran gereja di dunia ini diutus untuk menjadi gereja bagi orang lain. Hal itu didasari ketika Yesus mengajar murid-muridNya bahwa persekutuan bagian dari sebuah keluarga, menjadi saudara di dalam Kristus, untuk melayani Yesus. Artinya, gereja menjadi tempat bagi kita untuk bersekutu dan saling menolong satu sama lain, demikian awal paparan Pdt Midian KH Sirait,MTh Ketua BKSGB Balikpapan yang juga Pelaksana Praeses HKBP Distrik Borneo dalam paparan ceramahnya di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Balikpapan, pada hari Sabtu 25/2,2012.

Seminar yang diberi judul “Oikumene dan Kerjasama Antar Gereja dalam Lintas Budaya”, dengan moderator Pdt David Tarigan,STh yang diikuti oleh pengerja GBKP dari Samarinda dan Balikpapan, menurut Pdt Midian KH Sirait, Pendeta HKBP Resort Balikpapan bahwa Gereja bagi orang lain itu adalah gambaran dari suatu keyakinan teologis dan ikrar bahwa Yesus adalah manusia bagi orang lain. Selanjutnya dikatakan, manusia bagi orang lain berarti menurut kepercayaan Kristiani justru karena Dia mau menjadi manusia bagi orang lain maka Dia sampai mengorbankan diriNya. Dengan pemikiran seperti ini, gereja harus melakukan hal yang sama, tandas Sirait.

Dalam hubungannya dengan lintas budaya, sebaiknya gereja harus mempedomani dan pandai-pandai meraih hati tentangga dan masyarakat di sekitar bagian dari kehidupan berbudaya dan beragama. Hanya dengan itu maka perbedaan tidak lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasih dengan orang lain. Hubungan dalam lintas budaya membuktikan gereja dapat bekerjasama dan menciptakaan solidaritas serta mampu hidup bertolerasi dengan yang lainnya, termasuk dengan GBKP yang letaknya 10 Km dari Kota Balikpapan, demikian jawaban Penceramah Pdt Midian KHSirait,MTh  yang juga sebagai Pelaksana Praeses HKBP Persiapan Distrik Borneo  atas pertanyaan H Sinulingga dalam diskusi interaktif dengan peserta Seminar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s